Minggu, 27 Juni 2010

Peran Sekolah Dalam Menciptakan Generasi Muda Bebas Narkoba Melalui Program Pencegahan Berbasis Sekolah (School Based Prevention)

Oleh : Hakim Surya Putra

Dunia pendidikan di sekolah memiliki peran yang besar dalam menciptakan generasi muda yang berkualitas, karena pendidikan dapat membentuk karakter mulia bagi siswa. Dengan memiliki karakter mulia yang berkualitas, generasi muda tidak akan mudah terjerat dengan penyalahgunaan narkoba serta kenakalan remaja lainnya.

Banyak faktor yang menyebabkan para pelajar berani menggunakan narkoba. Selain faktor individu yang ingin mencoba-coba haal yang baru, faktor lain yang menyebabkan penyalahgunaan narkoba dilingkungan generasi muda (pelajar) adalah pengaruh lingkungan. lingkungan (pergaulan) pelajar terjadi baik disekolah maupun lingkungan pergaulan bersama teman. Cara bergaul yang salah menyebakan para pelajar mudah terjerumus kepada penyalahgunaan narkoba. Hal ini tentunya berdampak negatif terhadap diri sendiri, dan orang disekitarnya.

Oleh karena itu, diperlukan peran sekolah untuk membuat sebuah program pencegahan berbasis sekolah (School Based Prevention), yang bertujuan untuk menciptakan generasi muda (pelajar) yang bebas narkoba. Program pencegahan berbasis sekolah (School Based Prevention) memanfaatkan sumber daya disekolah dengan memaksimalkan pengawasan dan pembinaan terhadap pelajar, serta memberikan layanan konseling terhadap permasalahan pelajar. usaha ini diharapkan mampu menciptakan generasi muda yang bebas narkoa.

1 komentar:

  1. PIKIR KOMUNITY, Lanjutkan Usaha Mendidik Anak Bangsa Dengan Tida adanya diskriminasi terhadap suatu kelompok ataupun golongan...Natalius Abidin...(www.natalius.co.cc)

    BalasHapus